Inspirasi Gaya Gazebo Joglo yang Klasik dan Tradisional

Gazebo Joglo

Gazebo joglo bisa jadi pilihan tepat apabila Anda ingin membuat bangunan untuk beristirahat di sekitar halaman rumah. Kemudian tidak ada salahnya juga apabila ingin memadupadankan dengan desain-desain unik lainnya sehingga akan terasa nyaman saat memandangnya.

Rekomendasi Desain dan Gaya Gazebo Joglo

Keberadaan gazebo pada dasarnya memiliki banyak manfaat. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya apabila Anda ingin membangunnya karena bisa jadi pilihan tepat untuk beristirahat bersama. Agar lebih menarik, ketahui dahulu beberapa rekomendasi desain selengkapnya di bawah ini:

Gazebo Bambu Anyaman

Saat memiliki lahan yang cukup luas di sekitar rumah, sayang rasanya apabila Anda tidak membangun gazebo. Buat dengan bahan bambu anyaman sehingga terlihat sangat bagus. Desainnya juga sangat cocok untuk di area pegunungan maupun perkotaan sehingga sangat fleksibel.

Tentu saja akan memberikan detail anyaman yang sangat bagus. Anda juga akan merasakan kesegaran tersendiri saat berada di dalamnya karena memang sangat cocok untuk menikmati suasana sekitar. Habiskan waktu bersama keluarga dan orang terdekat lainnya di atas gazebo bambu anyaman tersebut.

Gazebo Bambu Sederhana

Merupakan salah satu desain gazebo bertema joglo yang sederhana. Tentu sangat cocok jika meletakkannya di halaman rumah. Walaupun tidak menggunakan aksesoris, tetap nyaman karena terasa alami dan sejuk. Tambahkan juga taman di area sekitarnya agar lebih nyaman untuk beristirahat.

Saat menggunakan bahan bambu pun akan menghemat pengeluaran Anda saat membuatnya. Tidak ada salahnya juga apabila menambahkan bantal santai, meja kayu, hingga kursi di dalam gazebo. Tentu saja bisa jadi salah satu area paling favorit di rumah saat ingin beristirahat dan menikmati suasana sekitar.

Gazebo Tingkat

Apabila ingin membuat desain yang berbeda dari lainnya, maka tidak ada salahnya memilih gazebo tingkat. Tentu saja Anda bisa mengajak kerabat, teman, ataupun sahabat bersantai di area tersebut tanpa perlu khawatir berdesak-desakan. Pasalnya, ukurannya dapat menampung banyak orang.

Untuk mode tingkat ini sendiri memiliki ketinggian melebihi gazebo pada umumnya. Oleh sebab itu, usahakan menggunakan bahan bangunan yang memang dapat menopang beban berat tersebut sehingga jangan mengabaikan faktor keselamatannya. Dengan begitu, lebih aman saat ingin memakainya.

Gazebo Etnik

Desain lainnya yang bisa Anda pilih adalah gazebo etnik. Adapun ciri khasnya adalah menggunakan beberapa bahan alami seperti bambu. Kemudian tempatkan celah di sisi lantainya agar tidak mengembun saat musim hujan tiba nantinya. Tentu kesan tradisional dan klasik akan terasa saat memilihnya.

Gazebo jenis ini sendiri sangat cocok jika Anda letakkan di halaman samping pepohonan yang rindang. Selain itu, tambahkan juga dua buah bangku memanjang agar nantinya lebih nyaman saat ingin beristirahat di gazebo tersebut. Jangan lupa juga menempatkan meja panjang di bagian tengahnya.

Gazebo Terbuka

Jenis gazebo yang satu ini sangat cocok untuk Anda terapkan di pedesaan dengan lahan cukup luas. Dengan begitu, setiap penggunanya nanti dapat menghabiskan waktu luang bersama orang-orang terdekat. Oleh sebab itu, biarkan desain terbuka tersebut agar bisa menikmati pemandangan di sekitarnya.

Kemudian, jangan lupa juga untuk memberikan sebuah bangku panjang di dalamnya. Agar terlihat lebih klasik dan tradisional, manfaatkan saja bahan bambu anyaman sehingga nuansa alamnya juga semakin kental. Tentu sangat cocok jika menjadikannya sebagai tempat beristirahat sekaligus bersantai bersama.

Gazebo Tropis

Desain gazebo kali ini bisa Anda buat dengan menggunakan bahan bambu. Model tersebut sangat cocok ditempatkan di area dengan banyak tanaman atau pepohonan di sekitarnya. Tentu saja akan semakin terasa sejuk saat beristirahat di tempat tersebut. Oleh sebab itu, jangan biarkan lokasinya gersang.

Pasalnya, tentu akan terasa sangat panas dan tidak nyaman saat berada di gazebo tersebut. Kemudian tidak ada salahnya apabila Anda menambahkan beberapa jenis tanaman di sekelilingnya. Tambahkan juga air mancur mini yang akan memberikan kesan sejuk tetap tetap kental dengan nuansa tradisional.

Tips Membangun Gazebo yang Perlu Diperhatikan

Setelah mengetahui beberapa rekomendasi desain seperti di atas, maka Anda sudah bisa mulai membangunnya. Akan tetapi, terdapat beberapa tips perlu diperhatikan terlebih dahulu. Agar proses pembangunan tersebut efektif dan maksimal. Di bawah ini selengkapnya:

Sesuaikan Ukurannya

Untuk membangun gazebo, maka usahakan menyesuaikan ukurannya. Pastikan ukuran tersebut sesuai dengan kapasitas atau jumlah anggota keluarga yang tinggal. Pasalnya, jika kapasitasnya kurang bisa jadi rebutan padahal ingin berkumpul bersama keluarga besar hanya karena tidak kebagian tempat.

Selain itu usahakan juga tidak membangun gazebo dengan ukuran terlalu besar. Pasalnya, hal ini hanya akan membuang-buang ruang dan biaya Anda saat membuatnya. Oleh sebab itu sesuaikan dengan kapasitas yang tinggal di hunian tersebut. Buat tidak lebih dari 1/5 luas halaman agar nyaman digunakan.

Sesuaikan dengan Keuangan

Selanjutnya, sesuaikan dengan keuangan Anda. Untuk membuat bangunan gazebo sendiri memerlukan biaya pembelian material dan tukang. Belum lagi mengenai perawatannya sehingga jangan sampai terlalu menguras kantong. Dalam hal ini tidak ada salahnya bekerja sama dengan jasa terpercaya.

Dengan perhitungan yang tepat, tentu saja proses pembangunan dapat selesai sesuai budget Anda masing-masing. Untuk mengisi ruangan di dalamnya juga bisa memanfaatkan perabotan di dalam rumah sehingga tidak perlu khawatir lagi harus mengeluarkan uang lebih banyak.

Itu tadi penjelasan lengkap tentang desain dan gaya gazebo joglo yang bisa Anda jadikan pilihan. Tentu saja sangat cocok apabila ingin membangun tempat istirahat dengan model klasik dan tradisional. Bangunan ini nantinya bisa menjadi tempat bersantai bersama keluarga sehingga sangat nyaman.

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.